Relatif Kondusif, Belitung Minim Perkara Terkait IT

BELITUNG, DISKOMINFO – Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Belitung, Ali Nurudin menyebutkan bahwa Kabupaten Belitung masih terbilang aman dan kondusif dari kasus-kasus cyber. Hal ini disampaikan Kajari Ali usai menutup kegiatan pelatihan penanganan cyber crime dengan menggunakan alat bukti digital yang diikuti oleh 28 jaksa dan penyidik di lingkungan sumatera bagian selatan pada rabu (11/09/2019).

“Belitung memang sangat kondusif dan mendukung dalam Kamtibmas terutama untuk kasus IT,” ujar Kajari Ali.

Menurut Ali kasus perkara-perkara yang mengandung tindak pidana IT yang selama ini ditangani Kejari Belitung masih sebatas perkara penghinaan. Sedangkan permasalahan-permasalahan yang mengandung kejahatan-kejahatan yang luar biasa seperti teroris masih belum pernah terjadi.

Saat ditanya terkait kendala penyelesaian kasus yang berkaitan dengan IT, Kajari Belitung mengaku tidak mengalami masalah berarti. Kajari menyebutkan bahwa pihak kepolisian juga sudah cukup baik dalam menangani perkara. Selain karena kasus yang dihadapi masih kasus-kasus biasa.

Selain itu, pelatihan terkait cyber crime dan pengelolaan alat bukti secara elektronik ini dinilai Kajari Ali akan sangat membantu bagi penyidik dan penuntut umum dalam menangani suatu perkara. Dengan adanya pelatihan ini tentunya akan menjadi bekal bagi para jaksa untuk menghadapi kasus-kasus yang lebih sulit nantinya.

Kajari berharap bagi peserta diklat yang sudah mengikuti pelatihan ini bisa menggunakan ilmunya sebagai wujud profesionalitas, proporsionalitas, dan integritas dalam menyelesaikan perkara. Barang bukti digital dinilai sangat membantu disaat barang bukti lain belum diperoleh. Dengan barang bukti digital dapat melakukan penelusuran dengan cepat dan efisien. (Arlan/IKP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 20 =