Tahun ini Belitung Ditargetkan menjadi Smart Island

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung terus berupaya menjadikan Belitung lebih maju dengan menerapkan smart island.

Pada Audiensi dan Sosialisasi Program Digitalisasi di Kabupaten Belitung untuk Mewujudkan Belitung Pintar yang digelar oleh Pemkab Belitung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung bekerjasama dengan Icon+ di ruang rapat Pemkab Belitung, Selasa (5/3), Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Drs. H. Jasagung Hariyadi M. Si selaku moderator menjelaskan acara ini bertujuan untuk mendukung Belitung menjadi smart island.

Sementara Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si menegaskan bahwa smart island di Kabupaten Belitung harus mulai diberlakukan pada bulan Oktober 2019.

“Bulan Oktober nanti akan dibuatkan command center dan pada akhir tahun dipasangkan CCTV” tambah Isyak.

Pada kesempatan ini, Mikael Kuncoro Rahadi selaku Manager Bidang Pendapatan dan Penjualan SBU Palembang dalam sambutan singkatnya menyebutkan bahwa untuk mendukung smart Island maka diperlukan jaringan. Icon+ selama 3 tahun ini telah menjalin kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung.

Selanjutnya diberikan paparan oleh beberapa pihak dari Icon+. Paparan pertama disampaikan oleh Alexander Putra Santosa, selaku Account Manager SBU Palembang tentang profil icon Plus. Dilanjutkan dengan penjelasan teknis pemanfaatan smart island oleh Fendi Kusuma Wardana selaku IT Ekonomi Digital dengan memberikan contoh pada beberapa daerah yang telah menerapkan smart city.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian daerah. Komunitas akan menjadi lebih maju setelah terkoneksi dengan internet, dan tentunya hal ini harus didukung dengan fasilitas listrik yang memadai” jelas Alexander.

Pada akhir acara Isyak menyebutkan agar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung berkoordinasi dengan icon plus untuk membuat MoU. “Target kita tahun ini akan terbentuk smart Island”, pungkasnya.

Turut hadir para kepala dan perwakilan OPD dan Camat se Kabupaten Belitung serta Lurah se Kecamatan Tanjungpandan. (Siti Rofiqoh/IKP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + fifteen =