Wabup Lakukan Peninjauan ke SPAM Batu Mentas

BADAU, DISKOMINFO – Wakil Bupati Belitung, Isyak meirobie, S.Sn, M.Si lakukan peninjauan ke Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batu Mentas Kecamatan Badau Kabupaten Belitung, Kamis (21/2).

Peninjauan ini dilakukan berdasarkan adanya laporan dari masyarakat bahwa ada tanggulnya yang rusak. Menyikapi hal ini, Isyak menjelaskan bahwa SPAM Batu Mentas ini merupakan aset dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumhan Rakyat (PUPR), namun dari pihak SPAM sendiri telah mengirimkan surat kepada Kementerian PUPR untuk segera diperbaiki.

Isyak menambahkan, terdapat beberapa potensi pada SPAM Batu Batu Mentas ini. “Ternyata disini sumber air baku nya bagus,debitnya banyak sehingga sehingga kita akan alirkan langsung dengan manajemen yang professional”, jelas Isyak.

Selain itu, disini juga ada potensi wisata sehingga Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung diikutsertakan pada peninjauan ini, untuk membuat destinasi wisata baru yang dipadukan dengan air baku.
Sayangnya, ketersedian air ini belum dapat dihadirkan ke publik karena belum ada Water Treatment Plane (WTP) dengan dana yang tidak sedikit. Jika APBD Kabupaten Belitung tidak kuat maka bisa digunakan dua cara yaitu KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha), mekanismenya dibiayai swasta dan pemerintah menyicil kepada swasta, atau dengan cara mendatangkan investor sebagai pengelola. “Jadi investor yang mengelola WTP dengan system bagi hasil dengan Pemerintah” tutup Isyak.

Peninjauan diikuti oleh Kepala Dinas BAPPEDA Kabupaten Belitung, Dinas PUPR Kabupaten Belitung, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung dan Bagian pada Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung. (Siti Rofiqoh/IKP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − twelve =